Kamis, 21 Februari 2008

DOA


DoaDoa berawal dari hati yang gelisah,karenanya dengarkanlah gejolaknya.
Doa adalah suatu kerinduan terhadap rumah kita yang sebenarnya, maka ikutilah bimbingannya.


Doa itu seperti kebun jadi peliharalah maka doa akan berbuah.
Doa bisa dilakukan dengan berbagai cara, lakukanlah sesuai dengan cara mu
Berdoalah selalu setiap waktu, tapi jadwalkan juga waktu khusus.

Roh, seperti halnya badan, membutuhkan latihan-latihan teratur.

Buatlah doa mu pendek.


Cinta membutuhkan sedikit kata-kata, berdoalah di mana saja Engkau berada karena Tuhan ada di mana-mana. Jika Engkau menginginkan sesuatu, bertanyalah pada diri mu sendiri,'Apakah saya menginginkan hal yang dikehendaki Tuhan? karena 'Tuhan menghendaki kebaikan sejati Engkau.


Bila doa mu menjadi kering dan rutin, teruskan saja, sebab tanah yang kering kerontang menyambut datangnya hujan. Bawalah kemarahanmu dalam doa ibarat logam selagi panas bisa dibentuk. Bila Engkau berdosa dan terus menerus jatuh, tetaplah berdoalah, sebab Tuhan tetap mencintai mu.


Berdoalah bila Engkau cemas, karena doa membuat segala sesuatu bisa dipikirkan dan dipertimbangkan secara sehat. Bila karena sesuatu hal Engkau tidak bisa berdoa, maka bersantailah, sebab keinginan untuk berdoa itu juga sudah merupakan doa. Bila doa mengajak mu untuk mengambil resiko, maka beranilah, sebab Tuhan akan mendukung Engkau.


Bila Engkau merasa sedih atau menyesal, menangislah, karena airmata adalah doa yang keluar dari hati. Jika Engkau tidak menyukai seseorang, tetaplah berdoalah untuknya, karena doa mengungkapkan Tuhan yang tersembunyi.


Bila Engkau menerima kabar buruk, tegarlah, biarkan doa memberi cahaya. Bila penyakit, usia, kepedihan, atau kecemasan merusak konsentrasi Engkau, bersantailah.


Tuhan adalah seorang sahabat yang penuh pengertian. Jika doa membuat Engkau jadi pasif dan acuh tak acuh, itu bukanlah doa.Doa yang sejati akan membuahkan kepedulian dan pelayanan.
Gunakanlah saat-saat tenang untuk berdoa, ketenangan menarik Engkau kepada Tuhan Sang Maha Besar. Gunakanlah saat-saat ribut untuk berdoa' karena kegaduhan adalah hiruk-pikuk ciptaan yang mencari Tuhan.


Berdoalah bila Engkau merasa kesepian, doa membuat Engkau ditemani oleh para malaikat. Bila hidup ini terasa kejam dan tak adil, berdoalah terus, sebab Tuhan menyukai rintihanmu .


Bila hati Engkau penuh dengan rasa syukur, biarkanlah demikian, sebab Tuhan sedang bersemayam di dalam hatimu. Cakuplah seluruh dunia dalam doamu, sebab perdamaian tergantung padanya.


Berdoalah dalam tidurmu , karena tidur adalah doa dari manusia yang merasa aman dari cinta Tuhan. Berdoa adalah bernafas, lakukanlah dalam-dalam dan Engkau akan dipenuhi dengan kehidupan.



Doa adalah dasar dari segala sesuatu yang akan kita perbuat , antara diri kita dengan Tuhan hanya sejauh DOA


3 komentar:

  1. akang adit,
    Tuhan tidak pernah salah dalam memberi. Kita selalu minta apa yang kita inginkan. Tuhan memberi apa yang kita butuhkan.

    akang blogging na ditambihan buku tamu atuh supaya tiasa interaktif.
    salam hasanudin sohib sejati.
    abdi aya didieu:
    http://hasan-pml.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Tulisan pak hasan, dalam dan menggugah , subhanallah mendapat pencerahan ternyata gak usah jauh-jauh nyarinya dari sohib sendiri juga dapat thanksejchhr

    BalasHapus
  3. IMO:
    hanya kepada-NYA-lah aku menyembah dan
    hanya kepada-NYA-lah aku meminta (berdoa)

    tulisan ini mengingatkan saya akan pentingnya Doa, terima kasih

    http://zesawung.blogspot.com

    BalasHapus